Pengalaman PTS Semester 1

 

Penilaian Tengah Semester dilaksanakan dari tanggal 3 s.d 7 Oktober 2016, di SMP Labschool Jakarta. PTS tahun ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Mulai dari nama dan susunan mata pelajarannya.  Tentunya suasananya juga berbeda karena ada PTS perdana adik-adik kami angkatan 25.

Pembagian kelas dibagi berdasarkan kelas dan absen. Satu ruang ujian berisi setengah dari dua kelas yang ada.Kebetulan kelas saya mendapatkan jatah duduk bersama adik kelas.

Suasana saat tes berlangsung sangat kondusif. Tidak ada yang bercanda dan membuyarkan konsentrasi satu sama lain. Sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Disaat itu juga kami dapat bersosialisasi dan mengenal adik kelas dan kakak kelas. Posisi duduk yang diatur juga merupakan salah satu strategi dari para guru untuk mengurangi tindakan mencontek.

PTS dikerjakan di lembar jawaban khusus yang telah disediakan, dan diisi menggunakan pensil 2b dan penghapus yang bersih. Jawaban kami diperiksa menggunakan komputer. Kemi mengisinya dengam membulatkan dengan rapid an ketebalan yang tepat.

Saat mengerjakan tes tersebut tentunya ada beberapa peraturan yang harus ditaati. Sebagai contoh, dilarang memberikan dan menerima informasi dalam bentuk apapun, Membawa kartu peserta ujian. Jika kita tidak taat terhadap peraturan ada beberapa sanksi.

Kami menjalani PTS selama lima hari. Diawal hari, kita biasanya mengadakan doa bersama tiga angkatan yang dipimpin oleh beberapa orang pilihan. Kami juga diberikan tips-tips mengerjakan dari beberapa murid pilihan. Materi yang menurut kami cukup sulit yaitu Matematika dan IPA. Kedua mata pelajaran itu sangat diperhatikan.

Dari minggu-minggu sebelumnya, kami mulai menyicil pelajaran. Kegiatan di sekolah dan sehari-hari juga jangan dilupakan. Semuanya harus seimbang. Ada beberapa yang bermain ke rumah satu sama lain lalu belajar bersama. Biasanya sebelum kami masuk ke ruangan ujian kami belajar bersama di sepanjang koridor.

Saat bel istirahat berbunyi kami kembali duduk di koridor sambil makan dan mengingat kembali mata pelajaran selanjutnya. Biasanya berlangsung setengah jam atau empat puluh lima menit. Setelah bel masuk kembali berbunyi kami masuk ke kelas lagi dan memulai ujian mata pelajaran berikutnya.

Setelah selesai dan bel pulang berbunyi kami pulang dan melanjutkan aktifitas biasa dan belajar untuk pelajaran di esok hari. Banyak dari kami yang sepulang sekolah langsung les hingga sore dan belajar lagi di malam hari.

Jika kami belum dijemput kami biasanya menunggu di lobby, atau di tk atu duduk – duduk saja di koridor SMP. Terkadang ada yang makan di kantin atau di sekitar depan Labschool.

Di hari terakhir PTS kami biasanya pulang lebih cepat karena waktu untuk mata pelajaran dihari terakhir lebih pendek dari hari – hari sebelumnya. DI hari terakhir juga para siswa siswi murid SMP Labschool Jakarta biasanya berjalan-jalan untuk melupakan kepenatan sejenak. Biasanya bersama teman – teman sekumpulannya.

DI hari terkahir para guru – guru menyiapkan rapat nilai untuk rapot bayangan tengah semester. Rapot bayangan dibagikan seminggu setelah PTS. Rapot dibagikan oleh wali kelas masing – masing kepada orang tua/wali murid. Setelah pembagian rapot kami melanjutkan kehidupan sekolah seperti biasa dan mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya.

Tinggalkan komentar